Banner 468x60 pxl

STRATEGI JITU MENJADI BISNIS RETAIL TERBAIK

STRATEGI JITU MENJADI BISNIS RETAIL TERBAIK
STRATEGI JITU MENJADI BISNIS RETAIL TERBAIK

Peluang Usaha- Strategi Jitu Menjadi Bisnis Retail Terbaik.


berbicara strategi pemasaran Retail, memang nggak ada abisnya. Banyak cara dan usaha yang dapat digunakan sebagai alat strategi memasarkan produk. Seperti strategi yang biasa dilakukan oleh masyarakat sejak dulu sampai sekarang yaitu pemasaran menggunakan sistem eceran atau ritail. maksudnya yaitu strategi pemasaran ecera atau ritail adalah semua kegiatan transaksi jual-beli dengan tujuan menyebarkan barang  langsung kepada konsumen, agar dapat memenuhi semua kebutuhan para konsumen.

Banyaknya permintaan Konsumen untuk produk retail, membuat beberapa  pelaku usaha menggnakan strategi pemasaran ini agar melepas produk/barang mereka kekonsumen. Meskipun metode ini bisa bilang relatif mudah, tetapi persaingan bisnis retail ini sangat tinggi. oleh karena itu untuk Anda yang akan terjun kedalam bisnis retail/eceran, Alangkah baiknya diperhatikan bebepara hal berikut ini agar dapatmemenangkan pasar :


Pertama, Buat loyalitas pelanggan. 

Mempunyai Pelanggan yang loyal, adalah strategi yang sangat tepat agar Penjualan meningkat. Bukan cuma itu,  adanya loyalitas pelanggan sangat membantu bisnis retail anda agar dapat menghadapi persaingan. Buatlah promo yang  agar dapat meningkat loyalitas konsumen, Misalnya memberikan kartu untuk dapat diskon atau kartu diskon untuk para member/anggota, atau membuat event-event promosi setiap pekan.

Kedua, Buat target pasar yang spesifik. 

Walaupun Bisnis retail dapat menjamah atau masuk kesemua elemen masyarakat baik yang kaya atau biasa saja. tapi kita harus menentukan pasar mana yang akan kita bidik, karena semua lapisan masyarakat memiliki kecenderunagan terhadap barang yang berbeda merkipun merupan jenis barang yang sama . Misalnya kita mengambil segmen pasar kelas atas maka kita akan mengambil barang yang brandit atau bermerek dan terjamin kesehatan dan keamananya sehingga kita bisa menjual dengan hargha yang agak mahal di bandingkan dengan konsumen kelas menengah atau miskin.

Ketiga, Cari lokasi/tempat usaha yang sangat strategis. 

Pemilihan tempat lokasi usaha yang sangat strategis sangat di butuhkan untuk usaha retail. anda harus memilih tempat usaha yang  tepat untuk usaha anda seperti dekat dengan permukiman atau tempat yang menjadi sentral dimana barang-barang yang lain dapat didapatkan oleh konsumen di daerah itu.

Keempat, Berikan Pelayanan Dengan Sepenuh Hati

Ingatlah bahwa konsumen adalah raja.  Ketika kita memberikan pelayanan berikanlah pelayanan dengan sepenuh hati. Posisikan konsumen sebagaimana kita ingin di layani. Buat konsumen nyaman dengan kita, sehingga dengan nyamanya ia berbelanja di usaha retail/ toko kita ia akan kembali lagi dan mengajak orang lain untuk berbelanja ketempat kita. Ingat perlakukan konsumen sebagaimana kita ingin di perlakukan.

Kelima, selalu cantumkan  brand usaha kita pada setiap produk yang dijual.

Tujuanya adalah agar usaha retail kita selalu diingat oleh konsumen kita dan dia familiar terhadap usaha retail kita. Sehingga usaha kita menjadi usaha retail yang terfavorit di konsumen kita. Tapi tentunya pelayanan kita, produk kita dn ketersediaan barang di usha kita harus terjaga.

Mari Kita Tumbuhkan Semangat Wirausaha

(Ahmad Jarot Wijoyo)
Hibba Management


0 Responses

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...