STRATEGI JITU MENJADI BISNIS RETAIL TERBAIK |
Peluang Usaha- Strategi Jitu Menjadi Bisnis Retail Terbaik.
berbicara strategi pemasaran Retail, memang nggak ada abisnya. Banyak cara dan usaha yang dapat digunakan sebagai alat strategi memasarkan produk. Seperti strategi yang biasa dilakukan oleh masyarakat
sejak dulu sampai sekarang yaitu pemasaran menggunakan sistem eceran atau ritail. maksudnya yaitu strategi pemasaran ecera atau
ritail adalah semua kegiatan transaksi jual-beli dengan tujuan menyebarkan
barang langsung kepada konsumen, agar dapat memenuhi semua kebutuhan para
konsumen.
Banyaknya permintaan
Konsumen untuk produk retail, membuat beberapa pelaku usaha menggnakan
strategi pemasaran ini agar melepas produk/barang mereka kekonsumen. Meskipun
metode ini bisa bilang relatif mudah, tetapi persaingan bisnis retail ini sangat tinggi. oleh karena itu untuk Anda yang
akan terjun kedalam bisnis retail/eceran, Alangkah baiknya diperhatikan
bebepara hal berikut ini agar dapatmemenangkan pasar :
Pertama, Buat loyalitas pelanggan.
Mempunyai Pelanggan yang
loyal, adalah strategi yang sangat tepat agar Penjualan meningkat. Bukan cuma
itu, adanya loyalitas pelanggan sangat membantu bisnis retail anda agar
dapat menghadapi persaingan. Buatlah promo yang agar dapat
meningkat loyalitas konsumen, Misalnya memberikan kartu untuk dapat diskon atau
kartu diskon untuk para member/anggota, atau membuat event-event promosi
setiap pekan.
Kedua, Buat target pasar yang spesifik.
Walaupun Bisnis retail dapat menjamah atau masuk kesemua elemen masyarakat baik yang kaya atau biasa
saja. tapi kita harus menentukan pasar mana yang akan kita bidik, karena semua
lapisan masyarakat memiliki kecenderunagan terhadap barang yang berbeda
merkipun merupan jenis barang yang sama . Misalnya kita mengambil segmen pasar
kelas atas maka kita akan mengambil barang yang brandit atau bermerek dan
terjamin kesehatan dan keamananya sehingga kita bisa menjual dengan hargha yang
agak mahal di bandingkan dengan konsumen kelas menengah atau miskin.
Ketiga, Cari lokasi/tempat usaha yang sangat strategis.
Pemilihan tempat lokasi
usaha yang sangat strategis sangat di butuhkan untuk usaha retail. anda harus
memilih tempat usaha yang tepat untuk usaha anda seperti dekat dengan
permukiman atau tempat yang menjadi sentral dimana barang-barang yang lain
dapat didapatkan oleh konsumen di daerah itu.
Keempat, Berikan Pelayanan Dengan Sepenuh Hati
Ingatlah bahwa konsumen
adalah raja. Ketika kita memberikan
pelayanan berikanlah pelayanan dengan sepenuh hati. Posisikan konsumen
sebagaimana kita ingin di layani. Buat konsumen nyaman dengan kita, sehingga
dengan nyamanya ia berbelanja di usaha retail/ toko kita ia akan kembali lagi dan
mengajak orang lain untuk berbelanja ketempat kita. Ingat perlakukan konsumen
sebagaimana kita ingin di perlakukan.
Kelima, selalu cantumkan brand usaha kita pada setiap produk yang dijual.
Tujuanya adalah agar usaha retail kita selalu diingat oleh konsumen kita dan dia familiar terhadap usaha retail kita. Sehingga
usaha kita menjadi usaha retail yang terfavorit di konsumen kita. Tapi tentunya
pelayanan kita, produk kita dn ketersediaan barang di usha kita harus terjaga.
Mari Kita Tumbuhkan Semangat
Wirausaha
(Ahmad Jarot Wijoyo)
Hibba Management
Posting Komentar